(dalam rangka) Kartini

April 21, 2018


bismillaahirrahmaanirrahiim


Adalah sebuah kesyukuran mengingat ada beberapa momen di Indonesia yang mengajak kita semua untuk berdiam sejenak, memanggil kembali ingatan, mengenang jasa-jasa orang yang telah lalu hingga yang ada di sekitar kita. Bukan untuk terbuai dalam lamunan, namun untuk senantiasa bersyukur. Betapa Mahabaik Allah SWT. mencipta dinamika kehidupan ini untuk diambil pelajarannya.

Lur, bicara tentang orang keren dan momen-momen yang ditandai di kalender Masehi, kayaknya Dulur semua sudah banyak membaca tulisan tentang Kartini berseliweran dimana-mana. Ada banyak sekali versi; mengenalkan sosok bernama Raden Ajeng Kartini yang merupakan salah satu pahlawan perempuan Indonesia secara langsung, mengenalkan pejuang-pejuang perempuan lainnya yang jarang terdengar namun sepak terjangnya maasyaAllah, mengupas kisah shahabiyah yang tentunya menjadi teladan bagi kita, atau mungkin berkisah tentang ibunda tercinta yang selalu menguntai doa terbaik untuk anak-anaknya.

Ketika Ummul Khadijah binti Khuwailid menjadi sosok perempuan yang sukses berniaga, sepantasnya kita para perempuan memiliki manajemen sebaik beliau. Ketika Fathimah binti Rasulullah menjadi sosok yang setia mendampingi perjuangan hinga medan perang, sepantasnya kita para perempuan tidak terpikir untuk bermalas. Ketika Rohana Kudus, Rahmah el-Yunusiyah, dan banyak lagi tokoh lainnya yang telah memperjuangkan pendidikan untuk para perempuan dan tak lupa akan ketaatannya pada Allah SWT., sepantasnya kita para perempuan untuk selalu mendekat pada-Nya dan menebar manfaat karena-Nya pula.

Lur, betapa banyak pelajaran yang bisa kita petik ‘kan. Contoh di atas hanya sebagian keciil yang mestinya menggerakkan (tidak hanya) setiap perempuan untuk bersemangat. SEMANGAT UNTUK PARA (calon) IBU PERADABAN!

Setiap orang punya sosok Kartini masing-masing, ya ‘kan Lur? Maka kepada setiap perempuan yang sedang (dan sudah, atau mungkin akan? (ahlan wa sahlan yang SNMPTN)) menimba ilmu di Kampus Gajah ini, kepada setiap perempuan yang memiliki jiwa semangat menebar manfaat, kepada setiap perempuan di seluruh penjuru dunia yang nafasnya adalah perjuangan menjadi lebih baik, membaikkan sekitar, dan membaikkan dunia, GAMAIS ITB ucapkan barakallahulahunna, semoga Allah selalu rahmati langkahnya~

You Might Also Like

0 komentar