Sakit Hati

Januari 24, 2018

bismillaahirrahmaanirrahiim



Pernah sakit hati? Aku pernah. Sering malah. Keselnya, udah sekali ngalamin, masih saja ngulang kasus yang sama di lain waktu. Mancing penyebab, ya wajar sakit hatinya terus-terusan. Patut marah-marah? Ngomel aja sama diri sendiri, tapi ya jangan masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

Minta orang ngingetin kok bagian diri sendiri yang ngingetin kaya angin lalu aja. Gajelas.

Ini sakit hati yang lebih pedih dari apapun. Jangan pernah mau coba walaupun gapercaya sepedih apa. Penyesalannya akan menghantuimu. Kesedihannya terlalu menyakitkan. Walaupun semenyakitkan itu, anak ini masih aja suka lupa diri, keasikan sama 'urusan' lain. Akhirnya, nemu momen yang serupa, sakit hati lagi. Sedih lagi. Apa dah maunya.

Mikir kuat karena ketimpa sakit hati berkali-kali masih bertahan? Yeu mana ada kuat. Itu hati dan pikiran dipake lah. Jangan sampe kebas, na'udzubillah.

Sakit hati ini bisa membawa sindrom tangis ga karuan. Tangis yang gajelas. Tangis yang menyayat hati. Orang bakal tanya kenapa, terus ini gabisa jawab. Kenapa? Takut. Takutnya air mata ini mubadzir. Sedih sekarang, kesalahannya terulaang lagi.

Air matanya nanti ngasih kesaksian apa ya di hari akhir. Ini nangis, betulan nyesel ga sih?

Ini sakit hati yang membingungkan. Kalau gamau sakit hati ya berhenti, kata orang-orang. Berhenti apa? Berhenti mengulangi kesalahan. Susah ya? Kalo ga susah, ini anak kayanya gaakan ngulang lagi deh. Cuma ya yang namanya susah itu persepsi sih. Diri yang berikhtiar, Allah yang mampukan.

Laa haula wa laa quwwata illa billah. Bukan gabisa. Manusia dikasih karunia untuk memampukan diri. Malah wajib lah kalau menjaga kalam-Nya.

Ngerti sakit hati apa?
Anak ini sering sakit hati dan masih aja mancing penyebabnya. Sakit hati jarang muraja'ah, sakit hati belum ziyadah-ziyadah, sakit hati belum amanah. Amanah Allah. Amanah dunia. Amanah buat selalu menjaga kalamullah. Amanah untuk punya hafalan, seengganya buat bekal generasi berikutnya. Enggan ngafalin karena takut gabisa jaga? Anakmu dibacakan apa nanti kalau lagi ngga mampu pegang versi tekstual? Kalau mata sudah rabun, apa daya?

:(

Anak ini bandelnya bukan main. Dimarahin iya minta maaf, terus ngilang lagi. Setorannya musiman. Alesannya kuliah lapangan, pengamatan, dan ambil data. Dateng ke rumah tetehnya cuma wacana enam bulan. Bandel banget ya?

Anak ini ngga mau kebal sakit hati. Anak ini masih mau ngerasain sakit hati buat alarm yang bisa menguatkan dia ga asik sendiri. Ga jamin sampe mati nanti, anak ini ga bakal mancing penyebab sakit hatinya lagi. Jadi, anak ini butuh diingatkan untuk selalu muraja'ah dan seterusnya. Boleh boleh kalau mau bantu.

Long life hafizhah itu pekerjaan seumur hidup.
Cita-cita? Iya. Pekerjaan yang harus jadi cita-cita.
Keutamaan bagi hamba yang menjaga kalam-Nya.
Long life hafizhah bukan bicara kuantitas (aja). Ada lah ya penekanan dalam long-life.

Jadi, jadi hafizhah teh dari sekarang. Kamu itu hafizh/ah, penjaga apa yang kamu pegang. Kewajibannya ya setarakan sama yang udah hafizh/ah 30 juz. Ga enteng? Iya. Jalan baik lebih berarti ketika perjuangannya lebih terasa.

Bahas apa ini? Keterjagaan sepanjang hidup.

You Might Also Like

0 komentar